CERITA

Cerita Cinta dari Masyarakat Tionghoa

December 3rd, 2013 No Comments

Indonesia memiliki berbagai macam suku bangsa yang berbeda-beda. Meski demikian, bumi pertiwi ini juga dihuni oleh berbagai macam etnis dari negeri lain. Salah satu yang cukup banyak tinggal di Indonesia adalah etnis Tionghoa. Sama seperti masyarakat Indonesia pada umumnya, orang-orang Tionghoa juga memiliki legenda cerita cinta yang mengharukan.

Cerita cinta yang tumbuh dan berkembang di Indonesia mengenai etnis Tionghoa salah satunya ada di Palembang, Sumatera Utara. Kota yang dikenal dengan makanan khasnya pempek ini memiliki sebuah pulau dengan nama Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah sungai Musi.

Alkisah, pada saat itu ada seorang putri raja Palembang bernama Siti Fatimah. Dia sangat cantik dan berbudi pekerti baik. Seorang keturunan Tionghoa bernama Tan Bun An berniat untuk mempersunting putri raja tersebut. Ada syarat yang harus ia penuhi untuk memperistri Siti Fatimah. Tan Bun An harus membawakan 9 guci emas sebagai mas kawin. Kisah cinta ini kemudian berlanjut. Tan Bun An memesan langsung guci emas dari negerinya sendiri.

cerita cinta

Sayang disayang, ketika guci tersebut sampai Tan Bun An merasa sangat kecewa karena ternyata itu hanya guci biasa yang tertutup sayuran sehingga ia membuangnya ke sungai. Namun pada saat guci terakhir akan dia buang, guci tersebut pecah dan memperlihatkan emas di dalamnya. Tan Bun An menyesal bukan kepalang, dia tidak tahu apa yang harus ia lakukan. Maka, ia berniat untuk mengambil guci yang telah tenggelam di sungai Musi. Cerita cinta ini sangat mengharukan dari pengorbanan Tan Bu An.

Cerita cinta ini menjadi cinta sejati karena Siti Fatimah ternyata turut serta mencari guci ke dalam sungai tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa jika pada suatu saat muncul sebuah gundukan tanah di sungai musi itulah kuburannya dengan Tan Bun An. Lantas, beberapa tahun kemudian muncul lah gundukan yang dikenal sebagai Pulau Kemaro yang tidak pernah tergenang air. Di sana terdapat masjid dan juga tempat peribadahan etnis Tionghoa.

This post has already been read 669 times!

About the author

53. Perjalanan Kisah Asmara Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie2
Perjalanan Kisah Asmara Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie

No Comments

21. Bayu Kumbara Sukses Gaet Bule Cantik4
Bayu Kumbara Sukses Gaet Bule Cantik

No Comments

8. Kisah Asmara Egi John dan Marshanda
Kisah Asmara Egi John dan Marshanda

No Comments

Talia Joy, Menginspirasi dengan Videonya
Talia Joy, Menginspirasi dengan Video dan Semangatnya

No Comments

139. Ketika Menjawab Pertanyaan, Mana Pasangannya2
Ketika Menjawab Pertanyaan, Mana Pasangannya?

No Comments

Cinta Sejati Wanita
Cinta Sejati Wanita Biasanya Susah Di Dapatkan Karena Ini

No Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *