CERITA

Candi Prambanan Sebuah Cerita Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

November 28th, 2013 No Comments

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Prambanan? Tempat ini pasti sudah kamu ketahui bersama minimal bentuk atau dimana letaknya. Tapi apakah kamu tahu bagaimana asal mula candi tersebut? Ternyata candi tersebut berasal dari cerita cinta bertepuk sebelah tangan. Sebuah cinta dari seorang putra mahkota Kerajaan Pengging, Bandung Bondowoso kepada putri dari Kerajaan Boko, Roro Jonggrang yang tidak berbalas. Untuk lebih kamu pahami, berikut akan diceritakan secara singkat legenda tersebut.

Cerita cinta bertepuk sebelah tangan dari Bandung Bondowoso berawal dari niat Kerajaan Pengging yang terletak di Prambanan untuk memperluas wilayah kekuasaannya dengan cara merebut kekuasaan dari Kerajaan Boko berbatasan dengan wilayahnya. Raja Pengging kemudian mengutus putra mahkotanya, Bandung Bondowoso untuk menyerang Kerajaan Boko.

Upaya penyerangan ini berhasil dan Bandung berhasil membunuh Raja Boko. Selanjutnya, Bandung tinggal di Prambanan dan akhirnya jatuh cinta kepada putri dari Raja Boko yakni Roro Jonggrang. Kemudian Bandung mengutarakan niatnya untuk menjadikan Jonggrang menjadi permaisurinya.

cerita cinta, cerita cinta bertepuk sebelah tangan

Cerita cinta tak berbalas akhirnya dialami oleh Bandung ketika Jonggrang tidak ingin menjadi istri dari Bandung. Jonggrang tidak mau menjadi istri Bandung karena tidak ingin menikah dengan orang yang telah membunuh ayahnya. Akhirnya Jonggrang bersedia menjadi istri Bandung dengan syarat Bandung harus mampu membuat dua sumur dan seribu candi dalam waktu semalam. Walaupun terbilang mustahil, namun demi menghindari cerita cinta bertepuk sebelah tangan, Bandung menyanggupinya. Dia memanggil anak buahnya yakni para makhluk halus untuk menggali sumur dan membangun candi.

Cerita cinta bertepuk sebelah tangan Bandung Bondowoso berlanjut ketika ternyata dia bersama anak buahnya sangat cepat mengerjakan apa yang diminta Jonggrang dan hampir selesai. Jonggrang khawatir dan akhirnya mengutus para dayang untuk membakar jerami dan membunyikan lesung agar makhluk halus mengira sudah pagi. Akhirnya para anak buah Bandung pergi dan dengan kesal Bandung bersama Jonggrang menghitung candinya. Ternyata kurang satu dan dia mengubah Jonggrang menjadi candi ke seribu. Cerita cinta sepihak yang memilukan.

This post has already been read 565 times!

About the author

53. Perjalanan Kisah Asmara Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie2
Perjalanan Kisah Asmara Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie

No Comments

21. Bayu Kumbara Sukses Gaet Bule Cantik4
Bayu Kumbara Sukses Gaet Bule Cantik

No Comments

8. Kisah Asmara Egi John dan Marshanda
Kisah Asmara Egi John dan Marshanda

No Comments

Talia Joy, Menginspirasi dengan Videonya
Talia Joy, Menginspirasi dengan Video dan Semangatnya

No Comments

139. Ketika Menjawab Pertanyaan, Mana Pasangannya2
Ketika Menjawab Pertanyaan, Mana Pasangannya?

No Comments

Cinta Sejati Wanita
Cinta Sejati Wanita Biasanya Susah Di Dapatkan Karena Ini

No Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *